Rabu, 04 November 2015

Review Lengkap Handphone Xiaomi Mi4i

Sebelum membaca lebih lanjut, saya sendiri adalah seorang pengguna Xiaomi dari Redmi 1s, Redmi 2, dan Redmi Note 3G. Bukannya sok kaya tapi memang lumayan jadi kategori fanboi setelah membeli Redmi 1s bbrp bulan yg lalu, yg akhirnya hp2 itu dioper jg ke keluarga saya yg lain. Baiklah Setelah harap2 cemas menunggu dari Jne, akhirnya datang juga setelah menunggu sehari, dan status delivery di track jne dan track mi.com yg gak berubah2, tiba kurirnya nongol aja barengan kurir gojek nganter dokumen ke rumah. Berikut kesan-kesan saya pakai hp ini.

- Unbox
Khas Xiaomi banget, dus murah warna coklat, dalemnya diketok2 kopong, gak ada perbedaan antara dus hp xiaomi yang satu dengan yg lain kecuali stiker belakangnya. Pegang-pegang, materialnya mirip2 sama hp2 xiaomi yg pernah saya pake di atas. cuman yg beda adalah finishing yang kayaknya lebih premium di bagian belakang dan hpnya itu lebih tipis dan ringan. tapi mantap di tangan, dengan ukuran 5" kayaknya pas banget, gede enggak, kecil enggak.

Review Lengkap Handphone Xiaomi Mi4i
Review Lengkap Handphone Xiaomi Mi4i


- Hari 1

Dalam keadaan belum dinyalain sama sekali abis unbox, langsung charge sampe 100 persen makan waktu kira-kira 1,5 jam, kemudian langsung setup pertama kali. Terserah yang lain mau ikut apa gak, tapi saya dari jaman Nokia paling anti banget pakai predictive input, jadi saya matikan saja di setting google keyboardnya, dan ganti dengan (alphabet-qwerty). Dan begitu dinyalain langsung minta update ke MIUI yang versi terbaru 6.5.6. update OTA yang rada bikin deg2an, soalnya sempet kayak berhenti lama gitu di 73 persen, akhirnya saya diamkan dan tiba-tiba sudah lancar sampai 100 persen. Karena set up pertama dan update os, batere drop jadi 83 persen dan device agak hangat.

Dari siang kira2 jam 1an sampai sore, kemudian saya ngantor, sambil cek dan kirim pekerjaan, saya sembari menginstall semua apps yang saya gunakan di hp saya sebelumnya, seperti Instagram, Path, dll. Semuanya saya donlod via Telkomsel dengan sinyal penuh nangkring di H+.
Kemudian dilanjutkan pemakaian normal, normal bagi saya -> buka apps instagram dan path, chat di whatsapp, bales email. Lanjut malamnya dengan ada acara dinner dan pemakaian masih seperti tadi. Pada saat sampai rumah kira-kira jam 11 malam, batere tinggal 37 persen.


-Hari 2

Hari ini benar - benar saatnya mencoba kamera hp ini yang direview dibilang bagus2 sama reviewer india. Langsung hajar low light (foto keadaan gelap), dan hasilnya semut-semut merana, tes HDR Enhanced, semut2nya lebih merana lagi, tes lagi pake foto biasa dan pake HDR enhanced kali ini dengan settingan Camera, Contrast di Low, Sharpness di low, agak lumayan nolong tapi diiiikit banget. Entah ini karena kameranya yang goblok atau displaynya hp ini yang extrim bagusnya dan tajemnya jadi malah keliatan jelas semut2nya. Tapi overall, semua sensor kamera digital mau dari kelas hp sampe kelas kamera phase one yang pasti suffering masalah yang sama, yang kamera 200jutaan aja juga bisa kena semut parah juga. Jadi ya sudahlah ya lupakan perdebatan tentang foto low light bagus apa gak hp ini.

Kemudian saatnya foto-foto iseng, di tempat yang cahayanya bagus dan outdoor, kamera belakang hp ini juara sih bisalah menyamai iphone 6, dan yang lebih juara lagi displaynya masih keliatan di bawah matahari. Dan Hugo Barra gak boong, kamera ini algoritma HDRnya udah top cer banget. Asal makenya bener, kompensasi gelap dan terangnya ekstrim bagus dan gak lebay.
Hasil Foto Xiaomi Mi4i HR
Hasil Foto Xiaomi Mi4i HR

Hasil Foto Xiaomi Mi4i
Hasil Foto Xiaomi Mi4i

 


Tadinya saya pikir sedikit was-was kalau dapet sensor kameranya Samsung, mengingat jauh bagusan Sony kemana-mana soal sensor kamera. Tapi iseng ngebandingin sama hp temen yang pake Experia Z3 sama yg pake Samsung S5, gak ada mirip2nya sama hasil foto 2 hp itu, malah sedikit lebih bagusan Mi4i (warna lebih natural), motret objek yang sama, gak pake setting aneh2 semua full auto tanpa flash dan gak pake HDR. Lagi2 Hugo Boss gak boong kalo sensor Sony/Samsung ga ada bedanya dan cara ngedeteknya hanya bongkar hpnya kmudian liat nomer seri part kameranya baru kemudian dicek di database. Terakhir pulang ke rumah sekitar jam 10an malem, batere tinggal 18 persen.

Kesimpulan :
PROS
- body oke pas genggaman
- batere cukup lah untuk saya
- kamera belakang bagus banget, kamera depan bagus.
- display layar bukan mainnn

CONS
- casing belakang agak licin, harus hati2 kl lagi mau foto2

Kebetulan lagi saya dapet unit yang gak ada display leak, gak ada aneh2 dan ga ada cacat yang disebutkan teman-teman lainnya di halaman2 depan. Btw, saya gak ngerti apa itu root-rootan, kemudian saya jarang sampai nyaris gak pernah maen game di hp, maenan sosmed pun cuman path sama instagram. Yang saya peduli cuman hp murah yang kamera sama displaynya bagus (dan yg bisa ngalahin/nyamain hasil kamera Iphone 6 :P )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar